Penyebab Pertengkaran Dalam Rumah Tangga

Orang bilang, pertengkaran itu bumbunya rumah tangga. Wajar, terjadi pada semua pasangan. Tetapi ibaratnya masakan, bumbu kalau terlalu banyak, juga menjadikan tidak enak.

Rumah tangga pun seperti itu. Bertengkar sesekali, wajar. Tetapi jika sedikit sedikit bertengkar, sedikit sedikit bertengkar, maka tidak bisa dianggap wajar lagi. Dan jika dibiarkan, pertengkaran yang berlarut-larut ini akan berpotensi mengganggu keharmonisan rumah tangga yang bersangkutan.

Secara umum, ada beberapa hal yang paling sering menyebabkan perselisihan dalam rumah tangga. Apa saja?

Yang pertama, adalah masalah uang. Penyebab yang pertama ini pasti sudah bisa Anda tebak dari awal. Uang memang bukan segalanya, tapi segalanya butuh uang. Dan setiap pasangan, punya pandangan yang berbeda-beda soal uang.

Satu orang mungkin suka menabung, sementara yang satu lagi suka berbelanja. Untuk mensiasatinya, daripada bertengkar tentang uang, alihkanlah pembicaraan Anda dan pasangan ke arah bisnis. Atau ajaklah untuk membicarakan secara detail anggaran dan pengeluaran rumah tangga Anda.

Penyebab pertengkaran yang kedua, adalah seks. Suami, dan istri, ada kalanya memiliki ekspektasi yang berbeda terkait hubungan seks. Entah itu soal frekuensinya, soal waktu yang tepat, atau hal-hal lain yang ingin dilakukan di atas ranjang.

Apalagi, bila salah satu dari Anda, atau mungkin malah Anda berdua, sama-sama terlalu terpengaruh oleh apa yang Anda konsumsi di media. Sebab seringkali kita dibombardir pandangan-pandangan yang berlebihan soal romansa, seks, dan kecantikan. Dan pada akhirnya yang terjadi dalam pernikahan itu tidak seperti yang tadinya Anda harapkan.

Penyebab pertengkaran yang ketiga, adalah tugas domestik. Alias, pekerjaan rumah tangga. Di jaman dulu, pekerjaan rumah tangga sudah pasti bakal dibebankan pada istri. Semuanya, dari A sampai Z. Dari subuh, sampai kembali subuh lagi.

Tapi di jaman sekarang, tidak mungkin. Apalagi jika istri ikut bekerja. Sama-sama bekerja dari pagi sampai sore, mana mungkin pekerjaan rumah Anda bebankan semua pada istri.

Untuk itu, belajarlah untuk berbagi. Atau setidaknya, bernegosiasi. Sebab yang namanya pekerjaan rumah tangga itu memang sebaiknya diselesaikan bersama-sama.

Penyebab pertengkaran yang keempat, adalah anak. Mau tidak mau, kehadiran anak akan mempengaruhi kehidupan pernikahan Anda berdua. Anda berdua mestinya bekerja sama, bukan malah saling menyalahkan atau lempar tanggung jawab.

Juga tidak perlu, bagi Anda untuk berpikir bahwa pasangan Anda sekarang lebih mementingkan anak, daripada mengurusi Anda.

Adapun penyebab pertengkaran yang kelima, adalah tidak adanya waktu berkualitas untuk pasangan. Kesibukan yang makin memakan waktu, membuat Anda berdua tidak pernah lagi menghabiskan waktu bersama.

Akhirnya muncullah kerenggangan. Bila sudah terjadi semacam ini, luangkanlah sebentar saja untuk duduk berdua dan membicarakan tentang apa saja yang sebenarnya ingin Anda lakukan berdua.

Dan apa saja yang bisa Anda kerjakan sendiri tanpa didampingi. Karena hubungan yang sehat itu butuh keseimbangan juga.

Itulah kurang lebihnya, lima hal yang paling sering menyebabkan pertengkaran dalam sebuah rumah tangga. Nah, bagi Anda yang sudah berumah tangga, diantara kelima hal ini, mana yang paling sering menjadikan ribut dengan pasangan? Boleh tuliskan pengalaman Anda di kolom komentar.

 495 total views,  2 views today