8 Tanda Pria Sudah Bersikap Dewasa Penting Diketahui

Kedewasaan seseorang tidak hanya ditentukan oleh usianya, namun dari cara pikir dan pola sikapnya. Bahkan bisa dikatakan usia tidak selalu menentukan kedewasaan seseorang. Banyak orang yang usianya sudah terbilang dewasa, namun masih bersikap layaknya remaja. Secara emosional, sebenarnya terdapat beberapa ciri pria bersikap dewasa yang menunjukkan tingkat kedewasaannya.

Daftar Tanda Pria Sudah Bersikap Dewasa

1.     Dapat Mengekspresikan Perasaan

Lelaki yang sudah dewasa bukanlah lelaki yang menyembunyikan perasaannya. Ia sudah mampu untuk mengutarakan apa yang ia rasakan baik itu buruk ataupun baik kepada orang yang menjadi objek perasaannya tersebut.

Apabila ia tidak menyukai tingkah laku orang tersebut, maka ia akan langsung menyampaikannya. Namun apabila ia menyukai orang tersebut, maka ia pun tak malu untuk mengungkapkannya. Hal ini pria itu lakukan karena ia sadar tidak ada gunanya untuk menekan perasaannya.

2.     Dilihat dari Pergaulannya

Tidak hanya dilihat dari tingkah laku, cara berpikir dan cara ia berbicara saja, namun tanda pria sudah dewasa juga bisa Anda lihat dari lingkungan pergaulannya. Hal ini seperti halnya yang disampaikan dalam suatu pepatah bahwa ketika kita ingin mengetahui kepribadian seseorang, maka kita harus melihat dengan siapa orang tersebut berteman.

Lingkungan pertemanan umumnya adalah cerminan dari orang tersebut. Pria yang sudah dewasa tentu tidak lagi nyaman berteman dengan orang yang masih bersikap kekanak – kanakan. Ia akan lebih nyaman berteman dengan orang yang juga sudah matang secara emosional.

3.     Berpikir ke Depan untuk Selalu Maju

Pria yang sudah dewasa tentu berpikir tidak hanya untuk saat ini namun hingga maju jauh ke depan. Pria dewasa ingin agar selalu dapat memahami dan belajar berbagai hal. Bahkan, ia juga ingin agar hal yang ia pelajari dapat berdampak positif kepada pasangannya. Pria dewasa ingin agar kebaikan tersebut tidak berhenti pada dirinya namun bisa menjadi kebaikan bagi pasangannya juga.

4.     Membicarakan Semua Hal dengan Bijak

Tidak semua orang dapat secara bijak mengkomunikasikan berbagai hal ke orang lain. Orang yang belum dewasa cenderung lebih mudah tersulut emosinya dan tidak mampu menyampaikan apa yang ada di dalam benaknya dengan bijak. Namun, pria yang sudah dewasa akan mampu mengatur emosi dengan lebih baik terutama ketika ia berkomunikasi dengan orang lain.

Alhasil, orang yang sudah dewasa dapat lebih mampu berkomunikasi dengan orang lain tanpa menyakiti orang tersebut. Hal ini karena mereka akan berpikir dua kali sebelum mengucapkan perkataan atau bertingkah laku.

5.     Mampu Menjadi Pendengar yang Baik

Seorang pendengar yang baik adalah mereka yang menyediakan tempat nyaman bagi Anda untuk membagi cerita dan masalah. Hal ini bisa Anda dapatkan ketika Anda berbicara dengan orang yang sudah dewasa, secara mental tentunya bukan usia saja. Orang yang sudah dewasa akan mampu secara bijak menjadi pendengar yang nyaman untuk Anda berbagi cerita.

Pria dewasa akan dengan sabar mendengarkan Anda cerita dan tidak serta merta langsung menghakimi Anda. Ia juga akan memberi saran dengan kalimat yang bijak ketika Anda memintanya.

6.     Menghormati Privasi

Pria dewasa akan memahami sampai dimana batasan mereka. Ia akan sangat menghormati prinsip privasi yang dimiliki oleh orang lain dan tidak mau melanggar batasnya.

Sikap pria dewasa bisa dilihat dari cara berpikir dan cara bertingkah laku. Anda bisa mengetahui apakah seseorang sudah dewasa ketika ia berperilaku baik terhadap orang di sekitarnya. Ia akan menjadi seseorang yang nyaman diajak bertukar pikiran.

 382 total views,  2 views today